11 Cara Mengurangi Keraguan Customer Bertransaksi di Internet

Internet telah membuka dunia baru, dimana kita dapat menawarkan barang/ jasa lebih cepat dan murah kepada banyak orang. Meski demikian transaksi lewat internet belum dipercaya banyak orang, oleh sebab itu berikut ini 11 cara untuk mengurangi keraguan prospek bertansaksi membeli produk/ jasa yang kita tawarkan melalui internet atau melakukan e-commerce:
  1. Memiliki toko fisik, atau toko online / webstore dengan reputasi baik. Tanpa toko fisik, perusahaan di belakang webstore harus meyakinkan, misalnya Agoda (http://www.agoda.com/), Ebay (http://www.ebay.com/), atau Blibli (http://www.blibli.com/) yang dimiliki oleh Grup Djarum. Khusus toko fisik, lokasinya harus masuk akal, misalnya toko batik di Riau atau toko elektronik di Batam akan mengundang kecurigaan meski mungkin riilnya memang berdomisili di sana 
  2. Webstore tidak dibangun dengan fasilitas gratisan, termasuk alamat e-mailnya. Bila template webstore adalah sebuah blog, belilah domain profesional sekaligus fasilitas e-mail. Bila Anda tetap ingin fasilitas e-mail gratis, gunakan e-mail gratis yang tidak umum dan memiliki fitur lebih. Untuk fitur keamanan, GMX (http://www.gmx.com) atau SafeMail (https://www.safe-mail.ne) adalah penyedia fasilitas e-mail gratis yang aman dan profesional, dimana e-mail berbayar sekalipun tidak dapat menandinginya 
  3. Pembayaran setelah barang diterima dengan baik oleh customer dengan COD (Cash on Delivery), atau dengan Rekber (Rekening Bersama = Escrow Account). Khusus untuk Rekber Penjual dapat bekerjasama dengan Pihak ke-3 sebagai mediator. Metode pembayaran dengan Rekening Bersama (escrow account) melalui Pihak ke-3 adalah pembayaran dari Pembeli dialamatkan kepada rekening Pihak ke-3, dan setelah barang diterima dengan baik oleh Pembeli barulah Pihak ke-3 menyerahkan dana pembayaran kepada Penjual. Toko online yang sekaligus bertindak sebagai Pihak ke-3 adalah Bukalapak (https://www.bukalapak.com/), sedangkan Rekber independen contohnya adalah Ekipay (http://ekipay.com/), Black Panda (https://rekberblackpanda.com/ ), dan InaPay (https://inapay.com/
  4. Kerjasama pembayaran dengan Bank / Kartu Kredit, yaitu pembayaran dengan Kartu Kredit VISA/ Master, pembayaran transfer melalui menu di ATM atau terdaftar sebagai merchant Bank misalnya merchant Klikpay BCA (http://www.klikbca.com/KlikPay/klikpay.html
  5. Menampilkan informasi yang asli dan benar dari pemilik rekening Penjual. Hampir semua bank telah saling terhubung, maka cutomer dapat dengan mudah mengecek nama pemiliki dari no rekening tertentu dengan seolah-olah melakukan transfer. 
  6. Toko atau Penjual mudah dihubungi, baik melalui telpon, sms, chat atau e-mail
  7. Manfaat dan harga yang masuk akal 
  8. Pengirim dan contact yang ada di ‘body message’ pesan promosi harus SAMA, misalnya SMS dari no telp 081.234.567 namun di badan pesan tercantum informasi dan pemesanan dari no 081.765.432 
  9. Informasi produk jelas, seperti untuk baju maka ditampilkan : foto asli baju bukan dan jenis bahan ‘comotan’ dari Google, designer, gaya, info ukuran baik dalam kode (XS, S, M, L, XL) maupun metrik (cm, atau mm), ukuran dan berat paket pengiriman 
  10. Garansi produk untuk jangka waktu tertentu, misalnya garansi uang kembali bila barang tdk diterima atau tdk sesuai pesanan, garansi keaslian produk, garansi penggantian sparepart, atau misalnya garansi anti luntur 
  11. Testimoni. Testimoni dari seseorang yang tidak dikenal adalah sama sekali tidak efektif, sebaliknya testimoni dari public figure yang tidak sesuai dengan produknya juga akan mengundang kecurigaan, misalnya seorang pengusaha terkenal memberikan testimoni obat wasir.