7 Langkah Memperoleh Lead secara Off-Line

Lead adalah calon customer yang aware dan tertarik kepada produk/ jasa yang kita tawarkan. Karena tidak semua lead berujung kepada pembelian (menjadi buyer atau customer) maka menghasilkan lead (generate lead) yang banyak dan bermutu sangatlah penting. Berikut adalah 7 langkah menghasilkan sales lead secara off-line:
  1. Mendekatkan lokasi usaha kepada target customer. Mendekatkan diri secara fisik dan mengumumkan identitas Anda akan sangat membantu menarik prospek, terutama untuk convenience goods. Kehadiran suatu kiosk, toko atau POS akan menciptakan awareness, dan menstimulasi interest. 
  2. Kembangkan profile yang berbeda, menarik, bermanfaat dan dapat dipercaya bagi target customer. Hal ini mencakup mulai dari CV yang meyakinkan, sampai interface hubungan dengan prospek yang baik seperti Salesman dengan attire yang nampak profesional, desain tampak muka toko yang menarik, usher yang ramah, atau telemarketing agent yang bersuara bersahabat 
  3. Kembangkan daya tarik publik. Anda dapat mengikuti pameran, memberikan seminar, menulis artikel menarik di media masa, atau melakukan aktivitas publik lainnya tanpa secara langsung menjual 
  4. Advertising & Promotion. Beriklan di majalah gratis, koran, radio atau TV ditambah dengan sample gratis, diskon, atau deal khusus lainnya akan sangat menarik bagi prospek khususnya untuk low ticket price item. 
  5. Salesman. Selain sample, diskon, dan special deal, kehadiran Salesman yang termotivasi akan menjangkau prospek Anda. Walau dewasa ini pertemuan dapat dilakukan secara virtual, pertemuan fisik tetap tidak tergantikan sebab dalam percakapan -pun 65% komunikasi disampaikan secara non-verbal, terlebih Salesman harus ‘membaca’ ketertarikan/ penolakan dan daya beli prospek 
  6. Menciptakan crowd. Esensi metode ini adalah mengelaborasi efek ikut-ikutan atau bandwagon effect. Misalnya tiket pesawat hanya Rp. 100 ribu untuk pemesanan 100 seat pertama, atau pembelian maksimum 1 item. Dalam prakteknya metode ini dapat diperluas secara kreatif misalnya dengan membuat rumah makan nampak ‘penuh’ dengan menjejali area parkir 
  7. Meminta referensi Customer. Customer dapat dimotivasi untuk membantu penjualan, terutama bilamana mereka puas. Dalam metode ini termasuk membangun skema Customer Get Customer, atau Multi Level Marketing