6 Layanan Standar untuk Mendukung Consumer Lending

Lenders dewasa ini sulit sekali bersaing memperebutkan Debitur dalam hal bunga, loan scheme, dan persyaratan kredit yang semakin ketat diawasi oleh otoritas keuangan. Oleh sebab itu maka Lenders “menarik” applicant dengan memberikan layanan yang dahulu tidak lazim diberikan. Berikut ini adalah 6 Layanan yang kian menjadi standard:
  1. Loan Information, mencakup hak dan kewajiban Debitur, seperti persyaratan dokumen, rentang bunga, denda, provisi, serta cara pembayaran, dll. Layanan baru yang menarik mencakup kerjasama dengan developer (Kredit Kepemilikan Rumah), dealer (Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor), bahkan informasi industri untuk kredit komersial, seperti inflasi, suku bunga, dan berbagai parameter makro beserta estimasinya.
  2. Loan Facility Comparison. Layanan ini menyediakan perbandingan antar fasilitas kredit, serta dengan fasilitas funding atas item-item loan information. 
  3. Loan Simulation. Simulasi kredit ini memberikan estimasi rating yang Calon Debitur peroleh (misalnya AAA), serta berapa bunga dan nilai angsuran berdasarkan rating tersebut.
  4. Loan Administration. Administrasi kredit yang self service melalui web sudah umum dewasa ini, mencakup print-out amortization table, bukti pembayaran, dan bahkan di luar negeri layanan juga mencakup print credit history dan rating-nya.
  5. Auto Collection. Fasilitas pembayaran angsuran otomatis melalui transfer (standing instruction), auto debit rekening atau fasilitas kartu kredit, serta payment reminder.
  6. Loan Modification. Modifikasi tenor, besarnya angsuran, dan term of payment untuk meningkatkan kemungkinan Debitur melunasi kredit. Modifikasi kredit umumnya diberikan untuk Debitur berpotensi mengalami financial distress dengan Debt Service Rationya yang masih acceptable, sumber penghasilan tetap (Fixed Income Earner), dan tidak memiliki resiko default dalam jangka waktu dekat (misalnya sakit, perceraian, PHK, dll).
Layanan di atas umumnya dapat diakses mulai dari telpon ke Call Agent, telpon ke fasilitas IVR (Interactive Voice Response), SMS, sampai smartphone application.