7 Hal yang Membedakan Customer Research dan Data Mining

Pada masa lalu untuk memperoleh pemahaman tentang customer (customer insight), perusahaan melakukan research. Dewasa ini perusahaan melakukan data mining, lalu apakah perbedaan ke-2 nya? Berikut 7 perbedaan sederhana yang menjelaskan ke-2nya:
  1. Data mining bergantung kepada database, dan umumnya data yang paling banyak tersedia secara terstruktur adalah profil customer dan data transaksi mereka. Research “menghasilkan” data namun tidak akan se-detil database.
  2. Dalam soal keterwakilan populasi, research meyakinkan bahwa sejumlah sample tertantu cukup berdasarkan perhitungan statistik tertentu. Datamining dengan databasenya memandang semakin besar data semakin banyak hal baru yang akan diketahui; menurut saya hal ini tidak selalu benar.
  3. Karena database umumnya berisi data transaksi, maka data mining umumnya menghasilkan pemahaman pola perilaku customer. Research adalah bertanya atau mengamati customer, sehingga selain menghasilkan data transaksi maka dapat juga memperoleh data mengapa mereka bertransaksi dan pendapat mereka atas transaksi yang terjadi.
  4. Datamining adalah tentang fakta, sedangkan research adalah tentang pendapat customer.
  5. Berdasarkan database dapat dilakukan prediksi yang akan datang, sebab mungkin ada pola perilaku masa lalu yang berulang. Model prediksi dengan data mining seperti membuat perkiraan cuaca berdasarkan data pengukuran kelembaban, curah hujan dan lain-lain. Data dari research adalah dari persepsi dan pernyataan customer yang interpretasinya sangat subyektif, bahkan bagi customer sendiri. Membangun model prediksi berdasarkan persepsi dan pernyataan customer seperti membuat perkiraan cuaca dari kumpulan jawaban “seberapa panas hari ini?”
  6. Karena data mining adalah tentang pola perilaku, padahal bagi kelompok customer tertentu perilaku mereka belum memiliki pola entah karena usia, belum ada solusi pasar yang mendekati kebutuhan mereka, atau karena struktur pasar yang monopolis/ oligarkis maka research tetap dibutuhkan untuk segment-segment ini.
  7. Data mining (awalnya) ditujukan untuk melakukan induksi sedangkan research umumnya berdasarkan theory yang telah well-established (deduksi).
Maka apakah yang Anda butuhkan, mengetahui berapa suhu hari ini, atau seberapa panas hari ini menurut customer? Memperkirakan berapa suhu besok, atau memperkirakan apakah besok customer (akan merasa) kepanasan?